Menunggumu di Ramadhan Terakhir

+9

Oleh :  Tri Asih

 Tak terasa bulan  Ramadhan akan segera meninggalkan kita-umat muslim. Pada bulan  Ramadhan segala kebaikan akan mendapatkan balasan yang dilipatgandakan. Di bulan yang  penuh  berkah ini, kita harus dapat memaksimalkan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, terutama sepuluh hari menjelang akhir bulan Ramadhan.

Seandainya Ramadhan ini merupakan Ramadhan terakhir, walaupun sebenarnya harapanku tidak seperti  itu,  ada beberapa hal yang ingin  kualami yaitu: menemui lailatul  qodar, mendapatkan ampunan dari  Allah atas segala dosa, mempunyai anak yang saleh/salehah, dan mendapatkan surga di  hari akhir  nanti.

Lailatul qadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan.  Dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surah Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur’an. Berikut bacaat surat Al-Qadr ayat 1-5 beserta artinya:

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

3. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

4. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

5. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Lailatul Qadar akan diraih oleh orang yang beriman dan berhati iklhas. Siapapun yang beribadah saat Lailatul Qadar turun, dia akan mendapatkan kemuliaan dari malam tersebut. Kemuliaan yang didapat dari Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan atau 83 tahun 4 bulan.

Lailatul Qadar akan turun di tanggal-tanggal ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.Walaupun begitu  ibadah harus dilaksanakan secara konsisten pada malam apa pun, bukan hanya pada saat lailatul qadar saja yang biasanya malam ganjil, bisa 21, 23, 25, 27, atau 29.

Keutamaan dari lailatul qadar adalah pengampunan Allah Swt. terhadap dosa-dosa yang telah dilakukan, serta pahala yang dilipatgandakan. Setiap muslim untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan Ramadhan ini, sehingga nantinya bisa meraih kemuliaan Kita dapat memperbanyak membaca Al Quran, istigfar, zikir, shalawat, dan berdoa kepada Allah Swt.

Allah telah menjanjikan  dosa yang kita lakukan diampuni. Doa kita akan dikabulkan pada malam lailatul qodar,  maka doa agar anak-anakku menjadi anak  yang saleh dan salehah mudah-mudahan diijabah oleh Allah. 

Anak yang  saleh dan salehah akan selalu mendoakan orang tuanya setelah  tiada. 
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda: “Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga hal yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak saleh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Setelah kehidupan di dunia berakhir orang akan mendapatkan balasan surga atau neraka sesuai dengan amal  ibadahnya. Kenikmatan yang diberikan Allah SWT di dalam surga bersifat kekal, tidak pernah habis, dan banyaknya tak terhitung. Dari semua kenikmatan tersebut, nikmat yang paling tinggi yang akan dirasakan penghuni surga ialah menyaksikan Allah Swt. Seperti diterangkan dalam firman-Nya, “Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya.” (QS al-Qiyamah [75] :22-23). Alangkah bahagianya merindukan surga.

Marilah kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita di akhir Ramadhan ini. Berbaik sangka kepada Allah. Dapat menjumpai malam  lailalatul qadar hingga nanti  setelah mati mendapatkan  tempat terindah surga di  sisi-Nya. Mudah-mudahan apa yang  kita harapkan dapat terwujud. Aamiin.


Photo by Justin Natividad on Unsplash

+9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *