Kok Kamu Jadi Suka Baca?

+4

Sebuah pertanyaan yang selalu datang, dari teman dan sahabat-sahabatku. Banyak yang bingung dan heran saat aku sering upload review buku di Instastory, pun ketika aku mengajak mereka untuk hunting buku ke gramedia. Saat itu aku melihat banyak tanda tanya yang berbaris di atas kepala teman dan sahabat.

Ada suatu kebiasaan yang tiba-tiba berubah. Seperti mendapat secercah cahaya dari Tuhan yang menemani aku ke jalan yang lebih terang dan berwarna. Semuanya berawal saat aku jatuh cinta dengan sebuah novel yang berjudul “Kata”. Cerita yang benar-benar membuat aku candu untuk membaca buku-buku yang lainnya.

Tabung, beli, tabung, beli, itu kegiatan sehari-hari untuk mengoleksi buku-buku, mendapat asupan semangat dari setiap goresan kata yang hangat. Bahkan saat lebaran, THR-ku beralih dari beli baju jadi beli buku. Kado ulang tahun dari sahabatpun jadi request untuk beli buku dari penulis kesayangan ‘Jokpin’ yang berjudul ‘Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu’.

Semakin banyak waktu bersama lembaran cerita membuat ide-ide di kepalaku ingin keluar untuk segera dirangkum dalam sebuah tulisan. Hingga tiba waktunya, ide-ide di kepala berdesakan dan berdemo. Saat itu Tuhan datang membantu, lagi dan lagi Ia memberikan cahaya yang menemukanku dengan “Kinaraya”. Sebuah wadah literasi yang mengandung banyak virus membaca, jelas ini tidak berbahaya seperti corona ya hehe.

Selain membaca, senang sekali di kinaraya ini setiap tulisan selalu dinikmati dan dihargai.
Seru bukan ?
Yuklah ikutan.
Baca dan tulis bersama-sama.

Rasanya, harapanku, kita dan mereka menjadi satu kesatuan yang sama yaitu meningkatkan literasi. Semoga Kinaraya bisa menjadi wadah untuk mengubah literasi indonesia yang rendah menjadi membaik dan indah. #salamkinaraya


Yeni Kartika, editor

Photo by Annie Spratt on Unsplash

+4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *