Bagaimana Jika Ini Ramadhan Terakhir Kita?

0

Oleh: Agit Yunita

Semoga kita telah mengisi bulan Ramadhan kali ini dengan ibadah-ibadah yang terbaik. Untuk kemudian menjadi pribadi yang lebih baik lagi meskipun bulan Ramadhan telah usai. Semoga kita tidak menyia-nyiakan waktu yang telah Allah berikan pada kita. Anggaplah ini kesempatan terakhir kita. Agar tak pernah terbersit dalam pikiran untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. 

 Ya Allah, jika ini adalah Ramadhan terakhir kami, jadikanlah kami manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Jauhkanlah kami dari segala keburukan dan jangan biarkan kami hidup dalam rasa penyesalan. Muliakanlah hidup kami. Begitu pun dengan mati kami. 

Berdoalah yang baik-baik. Memintalah yang baik-baik pula. Persiapkanlah diri untuk menuju kematian. Karena memang hidup hanyalah sementara. Perjalanan kita masih panjang hingga bisa sampai di Jannah-Nya. Jika bukan sekarang kapan lagi. Jangan sampai hidup kita hanya diisi oleh hal-hal yang membuat kita menyesal. Bukankah Khusnul khatimah menjadi keinginan seluruh umat manusia. 

Setiap kali Ramadhan akan berakhir, dalam benak selalu merasa sedih. Seperti akan ditinggal oleh sesuatu yang begitu berharga. Yang belum tentu kita akan mendapatkannya lagi. Semuanya memang soal waktu. Siapa yang lebih dulu meninggalkan siapa. Namun jika ini adalah kali terakhir saya dapat mencium wanginya bulan suci. Semoga tak ada kesan buruk yang saya tinggalkan.

Apalagi Ramadhan kali ini adalah Ramadhan paling istimewa seumur hidup saya. Ramadhan paling penuh larangan. Ramadhan paling penuh aturan. Membuat kita rindu pada saat pandemi belum datang dan menetap. Semoga Ramadhan tahun nanti keadaannya sudah tak seperti ini lagi.

Jika ini menjadi Ramadhan terakhir, semoga tak pernah ada rasa takut. Karena kematian adalah garis yang sudah Allah tentukan. Kita tidak bisa mempercepatnya atau menundanya. Yang bisa kita lakukan hanya mempersiapkan diri. 

Ini menjadi Ramadhan paling luar biasa yang harus saya tinggalkan. 

Ya Allah, adakah benar ini adalah Ramadhan terakhir kami? Jika memang begitulah adanya jangan Engkau biarkan kami meninggalkannya dalam keadaan merugi. Di waktu terakhir kami, semoga Engkau selalu melindungi dan menuntun kami. Agar tak tersesat, agar umur kami tidaklah sia-sia. 

Ya Allah, adakah boleh kami memohon? Jika benar ini adalah kali terakhir kami bercengkerama dengan bulan Ramadhan-Mu. Jadikan pula ini puasa terakhir yang diselimuti oleh ganasnya pandemi. Semoga Engkau segera memerintahkan pasukan yang mematikan itu agar pergi dan tak kembali lagi. Dan Ramadhan nanti menjadi Ramadhan yang sehat. Sehat jiwa dan sehat raga. 

Ya Allah, Ya Rahman Ya Rahim, segala rasa syukur kami, semoga menjadi peringan dosa-dosa kami. Semoga amal ibadah kami cukup untuk  menjadi bekal kami. Aamiin. 

Bantul, 4 Mei 2021


Photo by Clay Banks on Unsplash

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *