Ramadhan, Pandemi dan Raharjo Institut

+39

Oleh: Suci Raharjo

Semoga para pembaca sekalian selalu diberikan kesehatan dan dapat tetap produktif ditengah pandemic Covid-19 ini. Masih dengan Mas Bejo ditantangan menulis Ramadhan Writing Challenge yang diselenggarakan @books4care https://www.instagram.com/books4care/?hl=id dan @kinaraya_dotcom https://www.instagram.com/kinaraya_dotcom/?hl=id yang didirikan oleh sahabat sekaligus senior saya Abangda Lutfi Avianto. Tema ke 4 kali ini adalah “Ramadhan dan Pandemi”. Tema yang serupa setidaknya pernah 2 kali aku tulis, pertama dalam buku “Bunga Rampai Penyuluh Antikorupsi” yang diterbitkan oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK dan yang kedua dalam buku antologi “Aku VS Korupsi” yang diterbitkan oleh Raharjo Institut bersama beberapa orang penulis. Aku memcoba menuangkan kembali tulisan-tulisan tersebut dalam tantangan menulis kali ini.

Tak ada yang bisa mengendalikan takdir Namun suatu hal yang pasti adalah respon kita terhadap takdir tersebut sepenuhnya dalam kendali kita. Seperti saat ini di Tahun 2020 saat dimana Indonesia bahkan Dunia Internasional sedang mengalami musibah Pandemi Global Wabah COVID-19 atau disebut dalam istilah sederhana yang dilansir dari The Sun, Covid-19 adalah singkatan dari Corona (CO), Virus (VI) Disease (D) dan tahun 2019 (19), yang mana virus corona Covid-19 ini pertama kali muncul di tahun 2019. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun akhirnya menetapkan Covid-19 menjadi status Pandemi dan menyatakan bahwa virus corona ini sedang mewabah di seluruh dunia. Meghadapi situasi ini pilihannya adalah apakah kita diam dan pasrah dalam kondisi ini, atau kita tetap bergerak dan bersuara di tengah situasi ini?

Suka tidak suka, mau tidak mau saat ini kita berada disituasi dimana pola kehidupan dan penghidupan berubah. Banyaknya masyarakat yang merasakan imbas dari pandemi ini dalam berbagai bidang, ada yang di PHK dari pekerjaannya, ada yang harus belajar dan mengajar dari rumah, bahkan ada yang harus bercerai karena suaminya kehilangan pekerjaan dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. Respon masyarakat yang ada pun beragam, mulai dari     benar-benar mengerti dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, ada yang mengerti, namun karena berbagai alasan terpaksa keluar rumah dengan melanggar protokol kesehatan, hingga ada yang sangat merasa percaya diri dengan prinsip nyawa di tangan Tuhan sehingga mengacuhkan protokol kesehatan yang ada.

Aku tak mau tinggal diam begitu saja menghadapi situasi yang ada, oleh karenanya aku dan beberapa rekan yang memiliki satu visi dan misi dengan ku diantaranya ada Mas Syahrul dan Mba Wiwi yang merupakan Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Master Ustadz Reza Al Munthe Pegawai pada Perum Damri yang juga merupakan Penyuluh Antikorupsi ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi dan Mas Reza Fathurrohman Pelajar SMA 1 Ajibarang menghadirkan Raharjo Institut (RAIN) di Indonesia sebagai bentuk kepedulian kami yang ingin masyarakat Indonesia untuk terus bergerak walau ditengah pandemic.

Raharjo Institut RAIN secara resmi memploklamirkan diri serta memulai aksinya pada 02 Februari 2020, tanggal baik (02-02-2020) yang hanya ada setiap 1000 tahun sekali. Profil tentang RAIN dapat dilihat di laman https://raharjoinstitut.blogspot.com/2020/09/. Dengan niat berbagi dan mengamalkan Hadist Rasulallah SAW yang artinya: dari Jabir, Ia berkata: Rasulullah SAW bersabda,Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia. (HR. Thabrani dan Daruquthni). RAIN mengusung Visi “Berkarya dan Berbakti di Masyarakat” dan Misi

  1. Memberikan manfaat terhadap masyarakat Indonesia dalam Bidang Empowerment People;
  2. Menjadi tempat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Diri dengan didasari tertanamnya Nilai – Nilai Integritas dan Antikorupsi;
  3. Menyelenggarakan Pelatihan-pelatihan Online Gratis dalam Bidang Empowerment People;
  4. Menjadi tempat pelatihan baik Online maupun Offline yang menjadi rujukan baik di Indonesia maupun internasional;
  5. Memberikan “Total Quality Service” layanan pasca pelatihan dalam bentuk konsultasi ataupun coaching dengan Tulus dan Ikhlas.

Raharjo Institut (RAIN) memulai aksi pertamanya pada Ramadhan 1441 Hijriah atau Ramadhan di Tahun 2021 tepatnya pada tanggal 04 Mei 2020. Event perdana tersebut bertajuk “Ramadhan di tengah Pandemi Bareng Raharjo Institut” yang adakan secara Online dan Gratis menghadirkan 8 materi pemberdayaan diri yang sangat menarik dan bermanfaat khususnya dalam menghadapi pandemic Covid-19, materi tersebut disampaikan oleh pembicara-pembicara Nasional maupun Internasional yang dengan ikhlas membagikan ilmunya kepada seluruh member RAIN:

1. Mengenal Fikiran dan Alam Bawah Sadar oleh Coach Novel Abdul Latief

2. Penyakit Fikiran “Psikosomatis” oleh Coach Dr Patisina

3. Fundamental Hypnosis oleh Coach Muhammad Syahidin

4. Fundamental NLP oleh Coach Ahmad Asari Asgar

5. Fundamental Public Speaking oleh Coach Muhammad Syahidin

6. Grafologi oleh Coach Ustad Rino Zeldeni, S.Pd.I

7. Self Hipnosis for Healing oleh Coach Sydney Panjiagung

8. Leadership dan Meraih Mimpi oleh Master Muhammad Sahlan Ramadhan Solichin

Selesai event “Ramadhan ditengah Pandemi Bareng Raharjo Institut” tersebut, RAIN secara rutin mengadakan pelatihan online pemberdayaan diri setiap minggunya. Tidak hanya itu, aku selaku pendiri RAIN membuat program Pendidikan Antikorupsi Online. Aku mendekati beberapa pendiri komunitas tersebut untuk bekerjasama dengan RAIN mengadakan Seminar Nasional Online Pendidikan Integritas dan Antikorupsi. Alhamdulillah Qodar Allah banyak komunitas yang tertarik untuk bergabung diantarnya:

1. Komunitas Mission Possible Online Base: @missionpossible_ob

2. Komunitas Kita Produktif: @kitaproduktif

3. Komunitas Motivator Muda: @komunitasmotivator dan @kkm.cabang_sumsel

4. Komunitas Milenial Inspiring Speak Up: @mispeakup

5. Komunitas Endless Learning Community: @elc.indonesia

6. Sinar Pena Amala Publisher: @sinarpenaamala

Pada Ramadhan Tahun 2021 ini pun atau bertepatan dengan 1442 H, Raharjo Institut (RAIN) kembali mengadakan kegiatan pelatihan online yang bertajuk “Ramadhan Bareng RAIN 2021”, kegiatan ini masih berlangsung hingga tulisan ini diterbitkan. Alhamdulillah Qodar Allah dikepengurusan RAIN periode 2021 – 2022 dengan Mas Syahrul Hidayat sebagai Ketua Umum, RAIN mendapatkan tenaga dan amunisi tambahan dengan bergabungnya Ka Dini Maulida, Mas Fasha Maulana dan Mas Naufal Amru dalam kepengurusan RAIN. Kali ini juga menghadirkan 11 Pembicara berkelas Nasional maupun Internasional sebagai berikut:

  1. Coach Anton Sujarwo, ST materi Istiqomah Mencari Pekerjaan Bekal Tauhid
  2. Coach Morissa Gayatri D, S.Psi, CHt materi Gratitude Mindfulness Living
  3. Coach Moch Agus Surorsyid, CT. NNLP materi Quran Penyembuh Segala Penyakit
  4. Coach Saktisyahputra, S.IKom, M.I.Kom, C.NLP, CM.NLP, CPS, CMSP, CSTS, CH, CHt, C.ESQ, CT.HRNLP materi 17 Rahasia Public Speaking 100% Total
  5. Coach DR. Henny Eka Ferdian HP materi Belajar Export Mudah Berbasis Digital
  6. Coach Afif Hidahayatullah, SE, S.Pd, M.Ak, C.Ht, C.NNLP, C.STMI materi Menjadi Orang Tua Sugestif di Era Mellenial
  7. Coach Johan Firdaus, S.Sos, MM, C.Ht, MH materi Lebih Dekat dengan Hypnosis
  8. Coach Gojali, S.TP materi NLP For Life
  9. Coach Imank Alisandra materi Cara Mudah Jualan Tanpa Penawaran Banjir Orderan
  10. Coach Yoga Mahardika, S.Kom, C.Ht, CTP materi High Impact Public Speaking
  11. Coach Reza Al Munthe, SE materi Peran Niat Dalam Amal


Melalui tulisan ini aku mengajak diri ku dan para pembaca semua untuk kita mulai berjuang, kita mulai bergerak dan kita mulai melangkah melakukan gerak perubahan. Lahirkan Raharjo Institut – Raharjo Institut lainnya agar dapat semakin banyak yang mendapatkan manfaat kebaikan. Hidup kita begitu singkat dan hanya sementara, tiada satu orang pun di antara kita yang tau kapan kita harus berpulang. Mari kita maksimalkan ikhtiar kita selagi ada waktu dan kesempatan. Semoga tulisan ini bernilai ibadah dan bermanfaat bagi pembaca semua.

Bekasi, 28 April 2021.

https://instagram.com/raharjoinstitut?igshid=1tnuhkoasfwh8


Photo by Product School on Unsplash

+39

2 Comments on “Ramadhan, Pandemi dan Raharjo Institut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *