Belajar Menulis Cerpen dari Surat Yusuf (Part 3)

Pembahasan karakter merupakan unsur yang ada dalam cerita. Demikian pula cerita dalam surat Yusuf, ada berbagai karakter di sana.

Ada karakter nabi Ya’qub, nabi Yusuf, saudara-saudara Yusuf, Zulaikha. Itulah karakter-karakter utama yang ada dalam kisah nabi Yusuf.

Nabi Ya’qub adalah karakter ayah yang sayang pada anak-anaknya. Bukan hanya pada nabi Yusuf dan Bunyamin saja. Buktinya nabi Ya’qub melarang nabi Yusuf menceritakan mimpinya. Kenapa? Karena nabi Ya’qub tidak ingin anak-anaknya menjadi semakin iri hati dan dengki pada Yusuf, jika mimpi Yusuf diceritakan.

Penjelasan ayat 5 ini dijelaskan oleh Amru Khalid dalam buku Romantika Yusuf.

Ini pula yang menjelaskan bahwa nabi Ya’qub sayang pada semua anak-anaknya. Buktinya dia akhirnya mengizinkan anak-anaknya membawa Yusuf bermain.

Nabi Ya’qub juga sayang pada nabi Yusuf. Ini dapat dilihat dari panggilan Yaa Bunayya.

Panggilan Yaa Bunayya adalah ungkapan panggilan kasih sayang. Panggilan yang berbeda dengan yaa ibnii. Walau keduanya punya arti wahai anakku.

Ungkapan rasa sayang Ya’qub terhadap Yusuf juga tergambar ketika dia bisa mencium aroma tubuh Yusuf lewat pakaiannya. Padahal mereka sudah berpisah sekitar 80 tahunan.

Karakter saudara-saudara Yusuf iri hati dan dengki. Dari sikap inilah timbul makar untuk membunuhnya, membuang ke daerah antah berantah dan akhirnya disepakati dibuang ke sumur.

Untuk menjalankan makarnya, mereka merayu dan melobi ayahnya. Akhirnya nabi Ya’qub mengizinkan mereka mengajak Yusuf pergi.

Yusuf dibawa pergi dan di buang ke dalam sumur yang dalam dan di dalamnya terdapat binatang berbahaya. Yusuf dibuang ke dalam sumur setelah pakaiannya dilucuti. Dua keterangan di atas ini dikutip dari Romantika Yusuf.

Walau keterangan di atas menunjukkan sadis, kejam saudara-saudara Yusuf, tapi masih ada kebaikannya.

Ustadz Hepi Andi Bastoni dan Habib Novel Alaydrus jelaskan kebaikan saudara-saudara Yusuf. Buktinya usulan langsung bunuh berubah dibuang ke daerah terpencil. Kemudian berubah lagi dibuang ke sumur yang peluang hidupnya lebih besar. Karena akan ditolong kafilah dagang.

Bahkan Ustadz Hepi jelaskan bahwa selama Yusuf tiga hari di dalam sumur, ada saudaranya yang memantau dan memberi makanan

Akhir kisah, saudara-saudara Yusuf bertaubat.

Sementara karakter Yusuf sayang pada ayahnya, diungkapkan dengan panggilan Yaa abati.

Ketika. Yusuf memiliki jabatan, dia memaafkan saudara-saudaranya.

Kisah Yusuf dalam surat Yusuf mengandung unsur cerita dari sisi karakter


Photo by Johnny McClung on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *