PESAN BUNDA 

Oleh: Sri Rita Astuti

Adakah yang lebih membahagiakan bagi orang tua selain melihat anak anaknya bertumbuh dengan sehat dan bahagia. Senyum yang terukir di wajah kalian adalah hadiah terindah atas lelah bunda. Tak pernah terpikirkan lagi keinginan akan duniawi. Yang ada hanya harapan dan doa agar kalian, anak anakku berhasil menggapai semua cita cita.

Sebelum kalian terlahir ke bumi ini, doa-doa terbaik bunda telah teruntai untuk kalian. Di ujung sujud bibir ini tak pernah kering memohon kepada sang Maha Rahman dan Rahim untuk selalu menyirami langkah kalian dengan keberkahan. Menerangi langkah kalian dengan iman islam. Sehingga kelak kalian tak akan tersesat mengarungi kehidupan dunia.

Bertumbuhlah kalian anak anakku menjadi pribadi yang tidak hanya cantik rupa tapi juga cantik akhlak dan budi. Jangan menyerah bila di perjalanan langkah kalian terhadang rintangan. Jangan menyerah, teruslah melangkah selama kalian berada di jalan yang benar. Buang rasa putus asa. Kesulitan dan ujian akan mendewasakan kalian nantinya.  Agar menjadi insan yang tak gampang menyerah. Tegar sekokoh karang namun tetap lembut hati.

Kelak bila dewasa jauhi sifat sombong dan takabur, tetaplah hormat pada mereka yang lebih tua juga guru gurumu. Janganlah berbangga atas sedikit harta yang kalian punya. Karena itu ujian anakku. Jangan memandang rendah orang lain. Bermurah hatilah pada yang tak berpunya. Jadikan ilmu yang kalian miliki bermanfaat bagi umat, agama dan  masyarakat. Tetaplah tawadhu dan jagalah istiqomah kalian agar selamat dunia akhiratmu. 

Pesan bunda cintailah saudaramu. Berkasih sayanglah di antara kalian, jangan lepaskan tangan teruslah saling menguatkan, mengingatkan, menjaga  dalam susah dan senang.  Karena ikatan yang ada di antara kalian tidak akan terputus oleh apapun. Kelak di manapun kalian menetap, sejauh apapun kalian terpisah tetaplah saling menyapa jangan sampai terputus ikatan yang ada , yang telah bunda simpul sejak kalian lahir. 

Anakku sayang, qurrota ayun bunda. Di manapun kalian dan kemanapun kalian pergi kelak, doa dan cinta kasih bunda akan terus mengalir abadi. Tak akan terputus hingga nyawa meninggalkan raga.


**ANAKKU SAYANG**

Lembayung Senja

Ketika hidup dengan genitnya menghujamkan bilur luka
Berdirilah usah perlihatkan goyahmu
Larung sejuta kesah
Hapus hujan air mata titipkan pada awan yang melenggang malu

Telah kutitiskan di darahmu jiwa sekokoh karang
Pantang surutkan langkah meski onak duri merenda indah kelok jalanmu
Berselimutlah pada takwa saat cibir mengganyang
Teruslah melangkah menggengam lafaz puja dan harap

Balur kasih tak berbatas
Iringi setiap tapakmu dalam larikan doa
Anakku sayang, 
Petiklah untaian bintang yang bermain diujung pelangi
Lalu … berikan senyum terindah pada semesta

Sungai Raya, 18072021


Photo by Raychan on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *