Andai Ini Ramadhan Terakhirku

+1

Oleh : Bulena Eka Fitri

Akhir. Setiap awal pasti memiliki akhir. Sesuatu yang telah dimulai maka akan menemui titik selesai. Layaknya perlombaan yang dimulai dari garis start menuju garis finish. 

Tujuan akhir seorang muslim/muslimah pastilah ingin meraih ridho Allah SWT. Ingin mendapatkan ampunan Allah SWT. Ingin terbebas dari siksa api neraka. Ingin kehidupan kekal abadi di Surga. Jika ditanya 

“siapa yang ingin masuk Surga?”

Pastilah semua umat Islam mengacungkan tangan berteriak sekencang-kencangnya

“saya/aku/gue/ana”.

Semua manusia yang hidup di dunia ini ingin hidup bahagia di Surga. Tetapi, jika ditanya

“Siapa yang ingin massuk sekarang?”

 Tak ada jawaban. Karena itu berarti kita memilih mati sekarang. Sudah siapkah kita mati sekarang?

Aku berdoa semoga dapat memiliki akhir hidup yang baik. Kita semua pasti menginginkan mati dengan keadaan khusnul khatimah. Penutup kisah hidup yang bahagia. Aamiin. 

Umat Islam kini tengah berlomba meraih keridhoan dan ampunan dari sang maha pemilik hidup Allah SWT. Di bulan Ramadhan ini tak henti berdoa agar dihapuskan segala dosa-dosa hingga terbebas dari api neraka. Berjuang menjadi hamba yang bertaqwa. Mengharapkan kemenangan kembali suci di hari nan Fitri. 

Jika ini adalah Ramadhan terakhir bagiku, tak henti-hentinya aku memohon ampun kepada Allah SWT. atas segala kesalahan, kekhilafan, serta dosa yang telah aku perbuat semasa hidup. Aku dengan ketulusan hati meminta maaf kepada teman, tetangga, saudara, keluarga dan orangtua tentu yang pertama. Maaf bila ucapanku pernah tak sengaja menyakiti. Maaf bila sikapku membuat tak berkenan di hati. Maaf bila ada janji yang belum terpenuhi. 

Andai ini menjadi Ramadhan terakhir bagiku, ingin kutuliskan pesan untukmu. Untuk orang-orang yang telah dengan tulus menyayangiku. Semoga mereka selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Semoga hadirku di dunia bisa memberikan manfaat meski hanya sebesar biji sawi. Semoga. 

Jika ini menjadi Ramadhan terakhirku, akan kupanjatkan jutaan doa kepada Allah SWT semoga ini bukan menjadi Ramadhan terakhir bagiku. Karena aku masih sangat ingin berjumpa dengan Ramadhan-Ramadhan berikutnya. Ingin sekali bisa merasakan indahnya bulan Ramadhan bersama suami dan anak-anakku nanti.

Ya Allah Ya robb pertemukanlah aku lagi dengan bulan Ramadhan. 

Sebab aku merasa belum benar-benar maksimal dalam menjalankan kewajibanku sebagai seorang hamba. Sebagai seorang muslimah. Sebagai seorang anak. Sebagai seorang manusia.

Ya Allah Ya Robb pertemukanlah kami lagi dengan bulan Ramadhan.

Aku ingin sekali bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan berikutnya, dengan status yang berbeda, dengan kehidupan yang lebih bahagia, dengan keluarga yang istimewa. Masih amat banyak hal-hal yang ingin aku lakukan, masih sangat banyak cita-cita dan harapan yang belum terwujud, semoga Allah memberikan kesempatan untukku mewujudkannya. 


Bulena Eka Fitri. Perempuan kelahiran Februari, 1992 di kota Padang. Si pecinta warna biru. Berprofesi sebagai guru IPA di SMP Arrahman Depok.  Follow me on instagram @bulenaekafitri


Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash

+1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *