Adaptasi Ramadhan di Masa Pandemi

0

Oleh: Irfan Fandi

Seluruh dunia mengalami banyak perubahan setelah adanya wabah pandemi covid-19, termasuk salah satu negara yang terdampak adalah negara kita Indonesia. Ini merupakan sebuah perjalanan kehidupan yang harus kita jalani, proses hidup terus berjalan dan kita sebagai manusia harus tetap bisa beradaptasi dengan segala kondisi yang ada disekitar kita.

Begitu banyak perubahan yang terjadi dengan adanya pandemi ini, semua regulasi otoritas negara memberlakukan sistemnya masing-masing sesuai kedaulatan dari negara tersebut. Tanpa kita sadari pada saat bulan ramadhan ini mengahampiri kita, kita tidak bisa mengelakkan bahwasanya situasi masih sama dengan tahun yang lalu yaitu kita menjalankan ibadah puasa ditengah kecamuk penyebaran virus covid-19 yang ada sekarang.

Namun hal itu bukan suatu masalah atau rintangan dalam kita menjalankan ibadah puasa dengan khidmat dan baik, tetaplah dengan pola hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu “Mencuci tangan dengan sabun atau memakai sinitizer, Memakai Masker saat bepergian dan Menjaga Jaga jarak pada saat berkumpul dengan orang-orang yang ada disekitar kita.”

Kita bisa belajar dari sebuah proses yang telah kita jalankan sebelumnya, jika gagal maka kita bisa dengan cara lain dalam menjalankannya, bagaimana kita bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan baik, berikut hal yang harus perlu kita persiapkan sebelum menjalankan ibadah puasa dengan baik :

  1. Niat 

Niat merupakan sebuah langkah awal kita sebelum melakukan ibadah puasa, karena Rasulullah SAW bersabda “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya”.

  1. Sholat 5 Waktu

Sholat merupakan fardhu ‘ain bagi kita sebagai umat muslim, fardhu ‘ain merupakan ibadah wajib yang tidak boleh kita tinggalkan, kewajiban kita sebagai umat muslim adalah melakukan sholat lima waktu sehari semalam yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, maghrib dan Isya’. Kewajiba ini janganlah kita jadikan sebuah  beban dalam menjalankan, melainkan kita melakukannya sebagai kebutuhan yang harus dilakukan karena jika kita tidak melakukannya maka akan ada rasa bersalah dan takut kepada Allah SWt.

  1. Olahraga

Kita jangan pernah lupa untuk berolah raga dalam menjalankan ibadah puasa, ini sangat perlu kita lakukan agar adanya pembakaran kalori dan melancarkan metabolisme yang ada dalam tubuh kita agar tetap sehat dan bugar dalam melanjutkan aktifitas sehari-hari. Kita tiak akan merasa lemas dan capek dengan sedang menjalankan ibadah bulan puasa, jangan dijadikan masalah kita dalam keadaan puasa untuk berolah raga karena besar manfaatnya. Meluangkan waktu sebentar sekita 15 menit atau setengah jam untuk beolah raga itu sudah cukup, sangat baik untuk tubuh dan kesehatan kita.

  1. Minum Suplemen

Dimasa pandemi ini suplemen sangat perlu dalam menunjang meningkatkan daya tahan tubuh kita dalam beraktifitas diluar, suplemen yang perlu kita konsumsi adalah Vit C dan Vit D. Biasanya saya mengkonsumsi Blackmores Bio C 1000 untuk sebagai suplemen penjunang tambahan untuk memberikan perlindungan daya tahan tubuh agar tidak terpapar oleh wabah covid 19.

Aku berharap dengan situasi sekarang yang kita harus tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa agar tetap lancer, Karena kesehatan itu sangat mahal harganya jika kita telah terbaring sakit diatas Kasur rumah sakit. Semoga kita selalau dalam lindungan Allah SWT dan wabah pandemi covid 19 segera pulih dan kita bisa beraktifitas dengan nyaman dan normal kembali seperti biasanya.

Tetap jaga kesehata dan jangan pernah abaikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah, kita belajar dari tahun sebelumnya agar tidak banyak lagi korban yang jatuh menajdi korban sebagai pasien covid 19 karena itu pasti tidak enak (Karen aku pernah menjadi salah satunya pasien covid 19). Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan buat kita semua.


Photo by Andreas Klassen on Unsplash

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *