Berkumpulnya Waktu Mustajab

Oleh: Nia Hanie

Hari Jumat lalu, 23 April 2021, setelah Ashar di hari Jumat dan di bulan Ramadan disertai turunnya hujan. Masya Allah itulah waktu- waktu mustajabnya doa. Itulah waktu dimana Allah mengabulkan doa-doa kita.

Bulan Ramadan ialah bulan yang Allah berikan kemuliaan keberkahan dan segala ibadah kita dilipatgandakan, apalagi doa-doa kita juga akan diijabah. Itulah waktu mustajab berdoa, yaitu di bulan Ramadan. Selain itu, waktu mustajabnya doa salah satunya ialah ketika hujan turun. Jangan kita mencelanya, jangan kita berpikiran negatif, justru turunnya hujan itu adalah keberkahan dari Allah dan Allah membuatnya istimewa dengan dikabulkannya doa pada saat turun hujan.

Kemudian hari Jumat. Jumat merupakan salah satu hari terbaik, hari yang mulia, hari yang berkah karena di hari Jumat itu juga Allah menurunkan keberkahannya dengan cara mengabulkan doa-doa.

Maka ketika ketiga waktu mustajab itu berkumpul menjadi satu. Hari Jumat hujan di bulan Ramadan, maka saat itulah kita sudah semestinya memperbanyak doa. Berdoalah, memintalah, bermunajatlah pada Allah apa pun yang kita harapkan. Mintalah kepada Allah pada saat waktu-waktu mustajab tersebut. Masya Allah kita tidak akan mendapatkan waktu-waktu mustajab tersebut setiap hari, tidak mungkin setiap hari akan hujan dan tidak mungkin pula setiap hari adalah hari Jumat. Namun saat hari Jumat dan hujan berkumpul, terjadi di satu hari dan di bulan yang mulia, jangan sia-siakan waktu tersebut,  jangan sia-siakan untuk mengeluh dan jangan sia-siakan untuk ngngobrol. Tapi gunakanlah waktu mustajab tersebut dengan sebaik-baiknya. Angkatlah tanganmu, mintalah kepada Allah apapun yang engkau inginkan.

Berdoa adalah senjata umat Islam dengan doa, apa pun yang kita inginkan, harapkan, insya Allah akan Allah kabulkan. Sungguh ajaib Allah menurunkan satu hari dengan tiga keberkahan tersebut dan itu terjadi di bulan Ramadan tahun ini. Bulan Ramadan di hari Jumat dan hujan tahun ini 2021.

Keajaiban itu mungkin saja tidak akan terjadi di tahun berikutnya. Mungkin saja tidak terjadi di Ramadan berikutnya. Akan tetapi, itu Allah turunkan pada Ramadan tahun ini. Maka bersyukurlah kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk hidup dan merasakan keajaiban Allah di waktu-waktu mustajab tersebut. Allah mengizinkan kita masih bernafas di Ramadan tahun ini, di waktu-waktu mustajab hari Jumat yang lalu dan di saat hujan.

Itulah keajaiban Ramadan tahun 2021 yang aku rasakan hari Jumat lalu. Maka pada waktu itu pun aku tidak menyia-nyiakan. Sudah pasti banyak harapan yang ingin kita sampaikan kepada Allah, banyak doa yang ingin kita panjatkan. Namun perlu kita tahu bahwa doa-doa tersebut hanya Allah yang tahu kapan akan dikabulkan. Apakah ditunda atau langsung dikabulkan. Yang pasti doa-doa dan harapan kita Allah sudah berjanji akan mengabulkannya.

Jangan kecewa, jangan menyerah kalau doa-doa kita tidak belum terkabul sekarang karena Allah yang lebih tahu kapan doa-doa kita itu akan dikabulkanNya. Maka berdoalah terus, angkat tangan terus, berharap terus kepada Allah sampai tiba saatnya doa kita mendapat jawaban dari-Nya.


Photo by Rhendi Rukmana on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *