Kegiatan Anak-Anak Tahun 1990-an Saat Ramadhan, Nomor 4 Membuatmu Tercengang

Oleh: Bulan Aksara

Masa kecil adalah masa yang sangat memorable. Banyak kenangan yang selalu dirindukan ketika beranjak menjadi dewasa. Apalagi pada momen-momen tertentu, seperti bulan Ramadhan, banyak kejadian yang berkesan apalagi untuk anak-anak tahun 90’an.

Nah, bagi kalian generasi 90’an berikut ini adalah kegiatan yang mungkin kamu lakukan di masa kecil saat bulan suci:

  1. Jalan-jalan sehabis Subuh

Selepas salat subuh biasanya anak-anak berkumpul di teras Masjid. Misijya hanya satu, mengelilingi kampung mencari udara segar sambil melihat matahari terbit.

  1. Perang sarung sebelum salat Terawih

Anak-anak 90’an saat berangkat pasti ingat saling menjemput temannya. Setelah semua berkumpul anak-anak akan memainkan kan sarungnya untuk dijadikan senjata dadakan di dalam masjid. Ingatkah siapa yang menjadi sasaran sarung teman-temannya?

  1. Membangunkan sahur

Menjelang sahur, anak-anak 90’an sudah berkumpul dengan alat-alat masak ibunya untuk mengelilingi kampung sambil meneriakkan sahur dengan berbagai nada.

  1. Ngabuburit menjelang buka

TPA adalah salah satu ritual wajib anak-anak sebelum buka puasa. Pulangnya takjil sudah menunggu untuk dibagikan kepada santriwan dam santriwati TPA.

  1. Pengisi kultum jadi idola

Saatnya salat Subuh dan salat Terawih pengisi kultum sudah ditunggu anak-anak yang salat di Masjid. Alih-alih langsung pulang, anak-anak sudah membuat antrian untuk meminta tanda tangan sang pengisi kultum. Hal ini demi buku kegiatan Ramadhan yang wajib diisi atas perintah guru agama di sekolah.

  1. Main petasan

Siapa bilang petasan dan kembang api hanya ada saat tahun baru? Saat bulan puasa berbagai macam petasan dengan berbagai suara menghiasi bulan Ramadhan. Hal ini semata-mata untuk memeriahkan bulan suci.

  1. Memperpanjang “Amin” ketika salat Terawih

Siapa yang masih ingat saat berjama’ah di Masjid? Pasti ada anak-anak yang sengaja memperpanjang panjang bacaan “Amin” setelah imam selesai membaca al-Fatihah. Siapa yang pernah melakukannya? Pasti keesokan harinya dimatahi guru ngajinya.

  1. Membuat obor saat malam takbir

Selain suara beduk yang menghiasi malam takbiran, cahaya obor menghiasi malam dengan latar takbir yang merdu. Berbagai bentuk obor pun terlahir dari kreasi anak-anak yang inovatif dengan bahan bakar minyak tanah yang menyengat. Senyum anak-anak pun tak pudar sampai pagi menjelang.

  1. Ke kebun tebu di siang bolong

Anak tahun 90’an pasti tahu apa yang dilakukan di kebun tebu di siang bolong saat bulan puasa. Yap, betul. Setelah jelas-jalan usai salat Subuh haus melanda kerongkongan. Siangnya, kebun tebu dipinggir jalan memanggil-manggil. Berakhirlah, di tengah kebun tebu dan mengunyah sari-darinya. Ups, anak salih dilarang menirunya, ya!

Demikian beberapa kegiatan anak 90’an di bulan Ramadhan. Nomer berapa yang pernah kamu lakukan?


Photo by Ben White on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *