Berburu Kala Ramadhan

Oleh Nur Fitri Agustin

Hey Kawan, pernahkah kalian melakukan kegiatan berburu? Ya, berburu adalah mengejar atau mencari hewan. Berburu memang identik dengan mencari hewan tetapi tidak demikian dengan berburu di kala bulan ramadhan. Sebagai generasi yang lahir di era 80an, banyak hal menarik ketika ramadhan di masa kecil. Wah, kira-kira berburu apa saja ya di kala ramadhan?

Ramadhan merupakan bulan yang penuh barokah. Bulan dimana turunnya Al Quran dengan segala keberkahannya. Berbagai cara kita tempuh agar bulan ramadhan tak sia-sia berlalu. Bulan ramadhan kita isi dengan berbagai kegiatan yang positif antara lain tilawah Al Quran, bersedekah, dan lainnya.

Selain orang dewasa, kegiatan positif ini juga dilakukan oleh anak-anak. Kegiatan di bulan ramadhan bagi anak-anak sangat menyenangkan sehingga tanpa terasa telah menjalani puasa selama satu bulan lamanya. Masih ingatkah kawan, apa saja kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadhan? Nah, kegiatan berikut ini merupakan hal yang paling memorable alias selalu diingat sampai kita dewasa.

  1. Berburu tanda-tangan

Ups, berburu tanda tangan? Wah, bagi generasi 90-an pasti ingat dong bagaimana kita mengejar tanda tangan para imam masjid/musola, penceramah untuk mengisi buku kegiatan/amaliyah ramadhan. Tanda tangan ini sebagai bukti bahwa kita telah mengikuti tarawih, kultum dan lainnya.

  • Berburu takjil

Nah, siapa yang suka berburu takjil? Beberapa anak pasti sangat menyukai menunggu waktu berbuka sambil mendengarkan ceramah setelah salat ashar. Menjelang berbuka, datanglah menu takjil yang tiap hari selalu bervariasi dan mengundang selera kita. Ehmm, membayangkannya saja sungguh menggiurkan!

  • Berburu petasan

Ini dia yang membuat suasana puasa menjadi sangat meriah. Berburu petasan saat siang hari kemudian menyalakannya setelah salat tarawih merupakan momen paling berkesan bagi kita generasi 80an.

  • Berburu waktu sahur

Kalau yang ini, benar-benar begadang hanya untuk keliling membangunkan orang-orang sahur. Pengalaman seru yang selalu berakhir dengan omelan dari orang tua yang mengkhawatirkan keadaan kita saat begadang

  • Berburu pawai obor saat malam takbiran

Pawai obor selalu dilakukan saat malam takbiran. Anak-anak rapi berbaris guna mendapatkan obor untuk dibawa berkeliling kampong. Entah kenapa ketika membawa obor itu rasanya sungguh luar biasa dan merasa hebat karena melampaui puasa ramadhan full.

  • Berburu angpaw di hari raya idul fitri

Hari raya idul fitri juga merupakan momen yang paling berharga untuk dinantikan. Anak-anak berkumpul setelah salat Id kemudian berkeliling kampung untuk bersalaman dengan semua warga. Ketika berkunjung ke rumah-rumah, terkadang ada beberapa orang yang menyelipkan amplop berisi lembaran uang. Besar kecilnya uang yang diterima tak menyurutkan kebahagiaan berlebaran bersama teman teman.

Nah, bagaimana kenangan ramadhanmu di kala kecil?


Photo by Aziz Acharki on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *